Wednesday, December 16, 2009

Kamu sering ngalamin kecelakaan yang bukan disebabkan oleh gejala alam? Bisa jadi kamu seorang accident prone. Istilah apalagi sih itu? Accident prone adalah sebutan bagi orang yang cenderung atau sering mengalami kecelakaan. Bahasa sederhananya, apes terus.

Kecenderungan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja keseimbangan bentuk tubuh, psikologi, atau sosial-budaya bisa saja jadi pemicunya. Contoh, orang dengan kaki yang pincang tentunya lebih mudah tiba-tiba terjatuh daripada orang dengan kaki normal. Atau orang yang sedang gelisah tentu saja bisa mengambil keputusan yang sembrono sehingga dapat mencelakakan dirinya sendiri.

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa menilai kamu apakah seorang accident prone atau bukan. Barangkali tidak akurat benar tapi setidaknya bisa jadi early warning buat kamu.

  1. Sewaktu jalan bareng temen-temen, tiba-tiba saja hanya kamu sendiri yang kepleset dan terjerembab. Padahal jalan sedang kering dan formasi kamu dan temen yang lain gak renggang-renggang banget (PERNAH atau TIDAK)
  2. Kamu udah terlambat janjian dengan seseorang. Niatnya pingin nyetop taksi supaya lebih cepet. Sementara bus yang bisa mengantar ke tujuan lalu lalang di depan hidung, taksi yang ditunggu gak datang juga. Sewaktu mutusin mending naik bus aja, busnya malah gak ada yang lewat. (PERNAH atau TIDAK)
  3. Waktu ngerjain tugas bareng kelompok, kamu nanya ke temen, apakah komputer yang dipake itu bisa nyetrum kalo dipegang pada bagian tertentu. Temen kamu belum menjawabnya, kamu malah udah megang komputer itu. Akhirnya kamu musti minta air putih buat nenangin diri yang kaget gara-gara kesengat arus listrik. (PERNAH atau TIDAK)
  4. Lagi musimnya main bola di lapangan pasir Senayan, kamu ikutan. Padahal hobby kamu tuh bulutangkis atau malah catur. Hasilnya setelah pulang main bola, setelah muntah-muntah di pinggir lapangan, kamu musti ngurut engkel dan punggung yang terkilir. (PERNAH atau TIDAK)
  5. Pingin pulang kampung naik kereta, kamu nitipin koper sama porter Gambir supaya dibawa ke Peron 5. Kereta kamu memang di Peron 5, porter kamu juga bener menuju ke sana, malah kamunya yang masuk ke Peron 3. (PERNAH atau TIDAK)
  6. Sebenarnya kamu gak suka naik motor. Tapi sekali waktu kamu pingin coba. Tapi hasilnya malah harus ngeganti dagangan kue talamnya mak Ijah yang kamu seruduk. (PERNAH atau TIDAK)
  7. Setelah nabrak dagangan mak Ijah, kamu kapok naik motor. Tapi suatu waktu kamu bener-bener kepingin naik motor lagi.. Walhasil kali ini pohon di depan rumah yang kamu cium. (PERNAH atau TIDAK)
  8. Kalo lagi jalan di trotoar, ada aja orang yang gak sengaja buang kulit pisang, air minum, atau bahkan ngeludah yang arahnya ke muka kamu. (PERNAH atau TIDAK)
  9. Kamu pingin ngehindarin orang gila yang berpapasan di jalanan dengan berjalan agak minggir. Tapi ternyata orang gila itu ngelihat gerakan kamu dan malah berniat ngegodain kamu. (PERNAH atau TIDAK)
  10. Orang gila tadi memang berhasil kamu hindarin. Tapi ternyata kamu malah tertabrak sepeda yang datang dari belakang. (PERNAH atau TIDAK)

Pertanyaannya memang gak sespesifik itu. Untuk kondisi tertentu, bisa saja sangat bervariasi. Naik motor bisa saja diganti dengan nerbangin F-16 misalnya. Hitung deh hasil jawaban kamu. Persentase jawaban PERNAH yang lebih besar bisa jadi indikasi kamu itu seorang accident prone. Konsultasi deh ke dokter.

Dari alm www.sanasini.com

Pharnogravier

0 comments:

Post a Comment

16.25

Tentang Blog Ini

Anda Pengunjung ke

Kategori

Blog Archive

Followers

My Blog List